HAMBATAN-HAMBATAN DALAM BELAJAR
Banyak hal-hal yang dapat menghambat dan
menggangu kemajuan belajar, bahkan sering juga terjadi suatu kegagalan.
Faktor-faktor yang menyebabkan hal
tersebut adalah banyaknya hal-hal atau hambatan yang menyebabkannya, tetapi
pada pokoknya dapat digolongkan menjadi dua faktor yaitu :
A. Faktor
Indogin
Faktor yang datang dari diri pelajar atau
mahasiswa sendiri. Faktor ini meliputi faktor :
1. Faktor
biologis (faktor yang sifatnya jasmaniah)
2. Faktor
psikologis (faktor yang sifatnya rohaniah)
Faktor biologis meliputi :
1. Kesehatan
Cacat badan merupakan faktor yang sangat
penting di dalam belajar karena sangat berpengaruh pada konsentrasi belajar
siswa.
2. Cacat
badan
Cacat badan dapat juga menghambat belajar
misalnya. Setangah tuli, gangguan bicara dan lain-lain, meskipun sudah di
tolong dengan ala-alat khusus, tetap akan berbeda hasil disbanding dengan
anak-anak normal.
Faktor psikologis meliputi :
1) Intelejensi
Merupakan faktor indogin yang sangat besar
pengaruh terhadap kemajuan belajar anak-anak yang tergolong ambisi adalah
anak-anak yang kecerdasannya sama dengan anak-anak normal berumur 3-7 tahun.
2) Perhatian
Juga faktor penting dalam usaha belajar
anak untuk dapat menajmin belajar yang baikm anak harus ada perhatian terhadap
bahan yang dipelajarinya. Perhatian akan timbul bila bahan itu berguna/berarti
bagi anak.
3) Minat
Bahan pelajaran yang menarik/keinginan
anak akan dapat dipelajari oleh anak dengan sebaiknya. Sebaliknya bahan yang
tidak sesuai dengan minat/keinginan anak pasti tidak dapat dipelajari dengan
sebaiknya-baiknya karena tidak ada daya tarik baginya maka ia segan untuk
belajar.
4) Bakat
Sering kita mendengar bahwa pelajaran itu
tidak sesuai dengan bakatnya. Misalnya : keinginan anak kita menjadi seorang
doctor maka ia mengalami kesukaran dalam belajar. Bagi anak yang selalu gagal
maka kesenangannya akan semakin berkurang dan memahami kesukaarn-kesukaran.
5) Emosi
Kadang 2 ada anak yang tidak stabil emosinya.
Sehingag dapat menggagu belajarnya, misalnya : ada masalah kecil yang dapat
mengganggu belajarnya misalnya, adalah masalah yang kecil saja dapat timbul
emosi yang mendalam sampai menimbulkan gejala-gejala negatif seperti tidak sadarkan diri dan kejang dan
sebagainya.
B. Faktor
Exogin
Selain faktor indogin adapula faktor
exogin. Faktor ini meliputi faktor keluarga, keluarga dan masyarakat.
a. Lingkungan
keluarga
Faktor ini meliputi orang tua, suasana
rumah dan keadaan ekonomi keluarga.
1. Keadaan
ekonomi keluarga
2. Lingkungan
sekolah
Lingkungan sekolah juga menjadi hambatan
bagi anak misalnya :
1. Cara
penyajian pemeblajaran yang kurang baik
2. Hubunganguru
dan murid yang kurang meneynangkan.
3. Hubungan
antara anak dengan anak kurang menyenangkan
4. Bahan
antara yang terlalu tinggi diatas ukuran normal ke mampuan anak.
5. Alat-alat
belajar di skeolah yang serba tidak lengkap
6. Jam-jam
pelajaran yang kurang baik.
Faktor exogin, ialah faktor yang datang
dari pelajar. Faktor-faktor ini meliputi :
1) Faktor
lingkungan keluarga
2) Faktor
lingkungan sekolah
3) Faktor
lingkungan masyarakat
C. Lingkungan
Masyarakat
Lingkungan masyarakat yang dapat
menghambat kemajuan belajar anaka adalah :
1. Massa,
media seperti bioskop, radio, TV, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Semua
ini dapat memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap anak, sebab anak
berlebih-lebihan mencontoh atau membaca.
2. Teman
bergaul yang memberikan pengaruh yang tidak baik misalnya, merokok, pergi tanpa
tujaun sehingga tugas-tugas sekolah banyak ditinggalkan.
3. Adanya
kegiatan-kegaitan dalam masyarakat misalmnya, pada tugas-tugas organisasi
belajar menari, pencak silat dan lain-lain.
4. Corak
kehiudpan tetangga, yaitu lingkungan tetangga yang suka judi atau lingkungan
pedagang atau buruh ini semua dapat mempengaruhi semangat belajar anak.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi
Abu. Psikologi Sosial. 2007. PT. Rineka Cipta. Jakarta